Opening Hour Monday - Friday 08.00 - 17.00Saturday 08.00 - 15.00
 

Mengenal Jenis-Jenis Parket Kayu untuk Lantai Rumah

Mengenal Jenis-Jenis Parket Kayu untuk Lantai Rumah
Kayu parket dikenal orang sebagai potongan kayu yang disusun secara rapi dan berfungsi untuk menutup lantai dengan kesan lebih alami dan elegan. Lantai yang beralaskan kayu akan terasa lebih hangat karena kayu merupakan material yang mampu menghantarkan panas dan menyimpannya untuk sementara waktu.

Finishing lantai menggunakan kayu parket tampak mengkilap dan mewah. Jenis paket kayu ada bermacam-macam sesuai dengan jenis kayu yang digunakan. Umumnya, kayu parket dibagi menjadi tiga jenis yaitu solid parket, laminate parket dan varner parket.

Jenis-jenis Parket Beserta Penjelasannya

1. Solid Parket

Biasa disebut kayu solid dan memiliki ukuran potongan kurang lebih setebal 1,5 cm merupakan jenis kayu parket yang paling awet karena mampu bertahan lama dibandingkan jenis lainnya. Solid parket terbuat dari 100% kayu asli seperti kayu jati, kayu merbau, kayu kempas, kayu bengkirai, kayu mahoni, kayu ulin dan lain sebagainya. Kayu solid parket ini memiliki harga paling mahal dengan ukuran yang beragam.

2. Laminate Parket

Merupakan jenis kayu parket yang terbuat dari gilingan kayu atau serbuk kayu yang dicampur dengan bahan kimia dan kemudian di press menggunakan mesin dengan kekuatan diatas 1 ton sehingga berbentuk lembaran seperti papan. Biasanya jenis ini sering disebut sebagai HDF (High Density Fiber) dan memiliki keawetan yang kurang bagus. Kayu parket jenis laminated adalah kayu tiruan yang dibuat mirip menyerupai parket asli. Pada pemasangannya selalu dilaminasi dengan plastik bermotif kayu sehingga warna pada laminated terlihat seragam.

3. Veneer Parket

Berikutnya adalah jenis kayu parket yang mengkombinasikan antara kayu solid pada bagian atas dan lapisan kayu rendah pada bagian bawah dengan ukuran tebal rata-rata 5 mm pada kayu solid nya. Jenis kayu ini juga terbilang tidak begitu awet karena rawan dimakan serangga seperti rayap. Harga kayu jenis ini juga terbilang murah dan lebih rendah dari kayu solid. Jenis kayu yang dipakai seperti kayu oak, ebony, maple, afromosia, figured dan sebagainya. Biasanya pada proses pemasangan parket veneer menggunakan lem kualitas tinggi sehingga dapat merekat dengan kuat dan tahan terhadap air.

Sifat kayu yang dinamis membuat kayu dapat diaplikasikan pada pondasi, dinding, decking dan lantai. Mulai dari interior sampai eksterior dengan gaya tradisional maupun modern. Struktur kayu tidak terlalu padat, tekstur nya juga halus dan ringan sehingga aman apabila digunakan untuk bahan material lantai. Pilihlah parket kayu untuk lantai sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan untuk memilih material kayu dengan kualitas terbaik.

Artikel Pilihan Lainnya

Cara Pasang Parket Kayu di Atas Lantai Keramik
Cara Pasang Parket Kayu di Atas Lantai Keramik

Salah satu kelebihan lantai kayu adalah kemudahannya bila di...
Read More

Tips Merawat Lantai Rumah Sesuai Material
Tips Merawat Lantai Rumah Sesuai Material

Setiap rumah memiliki desain interior masing-masing yang dip...
Read More

Jenis-Jenis Pintu Rumah Beserta Fungsinya
Jenis-Jenis Pintu Rumah Beserta Fungsinya

Pintu adalah salah satu elemen penting di rumah yang berfung...
Read More

Inspirasi Desain Kolam Renang untuk Rumah Minimalis
Inspirasi Desain Kolam Renang untuk Rumah Minimalis

Memiliki rumah minimalis bukan jadi penghalang bagi Anda unt...
Read More

Kenali Jenis Jendela yang Tepat untuk Rumah Anda
Kenali Jenis Jendela yang Tepat untuk Rumah Anda

Jendela merupakan salah satu bagian penting dalam bangunan. ...
Read More

Opening Hour Monday - Friday 10.00 - 18.00 Saturday - Friday 10.00 - 16.00

Follow Us

Receive our Newsletter

Submit
Send Message

Leasing Inquiry


Onna Megaflex Perusahaan Manufaktur Penutup Jendela dan Tirai Surabaya